ANALISIS PEMASARAN BIJI KOPI ARABIKA DI DESA BEIWALI KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA

Detail Cantuman

TUGAS AKHIR

ANALISIS PEMASARAN BIJI KOPI ARABIKA DI DESA BEIWALI KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran biji kopi arabika, menganalisis margin pemasaran biji kopi arabika dan menganalisis efisiensi pemasaran biji kopi arabika. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Beiwali pada bulan Maret-April 2024. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). terdapat empat saluran pemasaran biji kopi arabika di Desa Beiwali yaitu saluran pemasaran I: petani-KSU Fa Masa, saluran pemasaran II: petani-pengumpul￾konsumen, saluran pemasaran III: petani-pengumpul desa-pengumpul besar dan saluran IV: petani-pengumpul-pengecer-konsumen. 2) Margin pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I karena lebih kecil dari Rp 0. 3). Saluran pemasaran di Desa Beiwali sudah efesien, namun saluran pemasaran yang paling efisien terdapat pada saluran pemasaran I yaitu 0,53%. Berdasarkan hasil perhitungan, disarankan kepada petani untuk menjual biji kopi pada saluran I karena saluran ini paling efisien dan dapat memberikan keuntungan yang memadai


Detail Information

Item Type
TUGAS AKHIR
Penulis
RINARDI CASANDRA NGODHU - Personal Name
Student ID
2023815062
Dosen Pembimbing
Dr. Ferdy Adif I. Fallo, SP., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Dina V. Sinlae, SP, M. Agribuss - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
54302
Edisi
Published
Departement
MANAJEMEN PERTANIAN LAHAN KERING
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI KUPANG : KUPANG.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
PAB RIN 24
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya