ANALISIS PEMASARAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) DI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

LAPORAN TUGAS AKHIR

ANALISIS PEMASARAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) DI KOTA KUPANG

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran tomat, menganalisis margin pemasaran tomat dan menganalisis efisiensi pemasaran tomat. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Fatukoa Kecamatan Maulafa Kota Kupang pada bulan April-Juli 2025. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Terdapat empat saluran pemasaran tomat di Kelurahan Fatukoa yaitu saluran pemasaran I : petani-konsumen akhir, saluran pemasaran II : petani-pedagang pengumpul-konsumen akhir, saluran pemasaran III : petani pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen akhir dan saluran pemasaran IV : petani-pedagang pengecer-konsumen akhir. 2). Margin pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I sebesar Rp. 0. 3). Saluran pemasaran tomat di Kelurahan Fatukoa sudah efisien, namun saluran pemasaran yang paling efisien terdapat pada saluran pemasaran I yaitu 0,78%. Berdasarkan hasil perhitungan, disarankan kepada petani untuk menjual tomat seperti pada saluran pemasaran I karena saluran ini paling efisien dan dapat memberikan keuntungan yang memadai


Detail Information

Item Type
LAPORAN TUGAS AKHIR
Penulis
Student ID
2123815011
Dosen Pembimbing
Dina V. Sinlae, SP, M. Agribuss - - Dosen Pembimbing 1
M. Basri, SE, M.Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
54302
Edisi
Published
Departement
MANAJEMEN PERTANIAN LAHAN KERING
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI KUPANG : KUPANG.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
PAB BEN 25
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya