ANALISIS SALURAN PEMASARAN IKAN CAKALANG (Katsuwonus Pelamis) DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) OEBA KOTA KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR

Detail Cantuman

SKRIPSI

ANALISIS SALURAN PEMASARAN IKAN CAKALANG (Katsuwonus Pelamis) DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) OEBA KOTA KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR

XML JSON

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk saluran pemasaran, menghitung marjin pemasaran, menganalisis biaya pemasaran, dan mengevaluasi efisiensi pemasaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara terstruktur dengan 35 responden (10 nelayan, 10 pedagang pengepul, dan 15 pedagang pengecer) menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya dua saluran pemasaran utama: Saluran Tingkat I (Nelayan → Pedagang Pengepul → Konsumen) dan Saluran Tingkat II (Nelayan → Pedagang Pengepul → Pedagang Pengecer → Konsumen). Marjin pemasaran total untuk kedua saluran adalah Rp 9.000/kg. Biaya pemasaran pada Saluran Tingkat I sebesar Rp 243.166 dan pada Saluran Tingkat II sebesar Rp 299.166. Efisiensi pemasaran menunjukkan bahwa Saluran Tingkat I (9,72%) lebih efisien dibandingkan Saluran Tingkat II (11,96%), meskipun keduanya tergolong efisien (< 50%). Penelitian ini merekomendasikan studi lanjutan untuk jenis ikan lain guna pemahaman yang lebih komprehensif.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Sargonsa Owa - Personal Name
Student ID
2123813047
Dosen Pembimbing
Susanti M. Y. Salu, S.Si., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Norsem N. Malafu S.Pi.,Msi - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
54335
Edisi
Published
Departement
PERIKANAN DAN KELAUTAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI KUPANG : KUPANG.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
AGP SAR 25
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya